Latihan piano membutuhkan banyak koordinasi. Tidak hanya pianis harus dapat menggunakan kedua kanan dan tangan kiri secara bersamaan, namun juga harus menggunakan kakinya pada pedal. Bahkan pada tingkat yang lebih lanjut kaki kiri juga digunakan pada soft pedal.
Pianis terus-menerus melakukan gerakan yang berbeda dengan masing-masing tangan. Misalnya, satu tangan mungkin bermain legato (menghubungkan nada satu nada yang lain) sementara tangan lainnya bermain staccato (pendek). Seringkali juga tampil dengan gerakan yang saling menggantikan, khususnya dalam penampilan untuk tingkat lanjut dalam permainan piano.
Berikut adalah teknik dasar latihan piano yang dapat dilakukan oleh pemula maupun siswa musik:
- Praktek Gerakan Yang Berbeda – untuk menguasai koordinasi diperlukan latihan piano dengan gerakan yang berbeda untuk masing-masing tangan. Sungguh menakjubkan betapa mudah untuk melakukan Koordinasi bersama setelah latihan gerakan tangan yang berbeda secara masing-masing.
- Bangun Bentuk Jari (Fingering) Yang Baik – fingering yang baik sangat penting bagi keberhasilan Anda sebagai seorang pianis. Latihlah fingering yang nyaman yang dapat Anda gunakan setiap saat. Cobalah fingering yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang belajar piano, guru Anda harus dapat membantu Anda dengan ini. Ingatlah bahwa fingering yang baik dapat menguasai gerakan-gerakan yang sulit.
- Gerakkan Perlahan Dengan Akurat – Masalah yang umum adalah bahwa siswa ingin bermain terlalu cepat. Ingat bahwa Anda harus menetapkan akurasi nada, irama, dan jari sebelum Anda menambah kecepatan tangan. Anda dapat mempertahankan kecepatan yang tepat bila Anda telah menguasai gerakan tangan secara akurat.
- Luangkan Waktu Untuk Irama dan Menghitung Ketukan – Selain menetapkan pola irama, menghitung ketukan dapat membantu dengan konsentrasi, dan juga membantu untuk menjaga tempo (kecepatan).Dengan menghitung Anda bisa mempercepat atau memperlambat tempo secara fleksibel. Anda tidak dapat melakukan ini dengan metronom. Metronom juga sulit untuk digunakan pemula.
- Menguasai Permainan Secara Bertahap – Ini sebenarnya adalah kelanjutan dari praktek tangan sendiri di atas. Setelah gerakan tangan dapat dikuasai, latihan menginjak pedal. Pada kebanyakan situasi, menginjak pedal mengikuti gerakan tangan kiri. Ketika Anda mulai menempatkan dua tangan bersama-sama, ingatlah untuk bekerja perlahan-lahan untuk akurasi. Setelah itu mulailah gerakan eksplorasi ke tingkat lanjut.
Berikut saya jelaskan beberapa Tehnik dasarnya,pengenalan Istilah dalam Piano :
- FINGERING (hand and finger forms, relaxation of arms & shoulders)
Latihan untuk fingering ini, ditujukan agar
kita sebagai musisi, khususnya pemain piano atau keyboard, posisi jari dan
tangan kita saat bermain ada dalam posisi yang benar.dan juga untuk bentuk
jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi
yang baik. Latihan jari-jari ini mencakup Tangga Nada dan Cadence perlu
kesabaran penuh dan relax dalam pikiran agar membuat jari-jari kita tidak
tegang,selalu utamakan jika kita ingin bermain dengan penuh jiwa agar menyatu
antara jari-jari yang akan memainkan dengan pikiran yang menyanyikan sebuah
lagu yang dimainkan.
- TOUCHING (touch of the notes, legato-staccato, phrasing, dynamics and expression)
Latihan untuk touching ini ditujukan
untuk supaya, kita sebagai musisi, khususnya pemain piano atau keyboard. Kita
mengerti interpretasi kita dalam bermain music. Gak cuman yang sekedar bermain
music, tapi music itu yang harus keluar dari hati kita. Kita mengetahui dimana
kita harus bisa maen keras atau lembut. Bermain dengan ada tekanan atau
nyambung atau putus-putus dan atau dengan aksen yang tepat. Ada dinamika,
feeling dan ekspresi.
- . RHYTHM dan TEMPO
Latihan
untuk rhythm and tempo ini ditujukan untuk supaya, kita sebagai musisi, ini
mencakup untuk semua instrument. Baik sebagai pemain drums, bass, guitar,
percussions atau juga piano dan keyboard. Kita perlu mengetahui harga notes,
ketukan & rhythm pattern. Kita perlu tau juga tentang tempo yang benar.
Rhytmic dalam bermain music (comping). Ada
soul atau groove dalam bermusic. Harus ada “nyawa” dalam kita bermain dalam 1
band. Kita harus tau juga tentang TIME SIGNATURE (lagu itu dimainkan dalam
ketukan 2/4, ¾, 4/4, 3/8, 6/8 etc)
- . HARMONY (chords progression, voicing and accompaniment)
Latihan untuk harmony ini ditujukan untuk
supaya kita bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chords yang kita pakai
dalam sebuah lagu. Mengembangkan juga bunyi yang dihasilkan dari chords yang
kita mainkan. Dan juga untuk memperluas cara kita bermain dalam konteks kita
mengiringi seorang penyanyi atau jemaat. Karena dengan kita bermain dalam
harmonisasi yang bagus, maka akan tercipta suatu kesatuan yang baik. Dengan
mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, kita dapat membuat aransemen yang
pasti bisa lebih enak. Mengetahui posisi kita sebagai musisi, lebih sebagai
pengiring!
- . READING
Latihan ini lebih ditujukan untuk mereka yang
belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Diharapkan mereka di kemudian
harinya bisa untuk membaca partitur not balok atau combo part. Mereka mengenal
Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Mereka mengetahui tentang KEY
SIGNATURE (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita
melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu
dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam
bermusik.
Berikut adalah Diagram Kunci pada Piano :